HALAMAN

  • Sambutan Pembina

    Drs. H. Zulfikar AchmadAssalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

     

    Ucapan do’a dan Selamat kepada Universitas Muara Bungo yang telah berusia 6 tahun dengan segala perjuangan dan prestasi yang telah diraih semoga terus dapat meningkatkan kualitasnya sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan sumberdaya manusia Kabupaten Bungo khususnya dan Indonesia umumnya seperti yang diamanatkan Undang – Undang Dasar 1945.

    Sejarah pendirian Universitas Muara Bungo merupakan perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo di bawah Yayasan Achmad Mas’ud. Perubahan tersebut melibatkan tokoh akademis baik dalam perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Bungo maupun luar Kabupaten Bungo, unsur Muspida, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lain – lain. Perubahan itu tidak sekedar perubahan nama tetapi perubahan substansial dan menyeluruh baik akademik, manajemen, administrasi, sistem informasi, sarana prasarana maupun kemahasiswaan. Perubahan itu juga bukan hanya perubahan fisik dengan hadirnya gedung-gedung baru tetapi yang lebih penting lagi adalah perubahan mind set dan corporate culture.

    Tekad kuat mendirikan sebuah perguruan tinggi yang berdaya saing jauh telah terpikirkan sebelum saya menjadi Bupati Bungo dengan tercetusnya ide mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Tirta YAM (Yayasan Achmad Mas’ud) yang pada saat itu tidak mendapatkan persetujuan dari pemerintah dan pada akhirnya setelah saya menjadi Bupati Bungo periode 2001 – 2006, Alhamdulillah atas ridho Allah SWT, Kita dapat mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo di atas lahan milik sendiri. Dan pada saat saya menjadi Bupati yang kedua kalinya periode 2006 – 2011, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muara Bungo telah berubah menjadi Universitas Muara Bungo sesuai dengan tuntutan keadaan. Perubahan tersebut juga telah dicanangkan dan telah pula dijabarkan dalam visi dan misi Universitas Muara Bungo. Oleh karena itu segala bentuk perangkat yang tidak sesuai dengan visi dan misi itu hendaknya diubah menjadi lebih baik dan sejalan dengan visi dan misi tersebut.

    Produk yang diidealkan di Universitas Muara Bungo ini adalah sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik yang memadai, menguasai bidang studinya secara profesional, dilengkapi dengan keterampilan yang dibutuhkan di masyarakat dan dunia kerja serta menghiasi diri dengan moral yang baik.

    Harapan saya sebagai ketua Dewan Pembina Yayasan atas perjuangan yang telah kita rintis bersama jangan sampai ternoda oleh hal – hal yang berbau kepentingan pribadi yang merugikan. Semoga kita semua dapat merawat amanah dan mengemban tanggungjawab sesuai dengan tugas yang dibebankan dan kepada semua pihak yang peduli dengan pendidikan mari bahu – membahu membangun Universitas Muara Bungo yang kita cintai demi tercapainya cita – cita kita bersama menyelamatkan generasi muda kita dari keterbelakangan.

     

    Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

     
    ttd
    Drs. H. Zulfikar Achmad

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA