HALAMAN

  • AGROTEKNOLOGI

    Sejarah

    Program studi Agroteknologi yang berada dibawah naungan Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo merupakan perubahan dari jurusan Budidaya Petanian dari Sekolah Tinggi Ilmu pertanian. Sekolah Tinggi Ilmu pertanian dengan Izin penyelenggaraan berdasarkan SK Mendiknas RI No.282/D/0/2002 Tanggal 30 Desember 2002. Sekarang dengan Izin Penyelenggaran dan Perubahan status Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muara Bungo Menjadi  Universitas Muara Bungo SK Mendiknas RI No. 282/D/O/2008 Tanggal 22 Mei 2008. Sejak berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian sampai Perubahan status menjadi Universitas Muara Bungo, Program Studi Agroteknologi telah meluluskan 31 Orang yang bekerja di berbagai sektor antara lain Dinas Pertanian, Perkebunan, Penyuluh Pertanian, Perusahaan perkebunan Swasta dan wiraswasta

    Visi dan Misi

    Visi

    Menjadi program studi unggulan dibidang pertanian, khususnya perkebunan yang berwawasan lingkungan dan mampu mengembangkan, menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam budidaya pertanian yang sejalan dengan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan serta menghasilkan lulusan yang bermoral pancasila, berwawasan kebangsaan dan kemandirian yang memiliki kemampuan dibidang ilmu pengetahuan dan teknolgi tinggi serta berjiwa entrepreneur.

    Misi

    1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang pertanian secara umum khususnya tanaman perkebunan.
    2. Mengembangkan penelitian dibidang budidaya pertanian yang dapat memberikan kontribusi nyata terhadap masyarakat dan pemerintah
    3. Memfasilitasi percepatan pembangunan dibidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan

    Arah dan Tujuan

    Program pendidikan sarjana agronomi memiliki arah yang sama dengan program sarjana ilmu-ilmu pertanian yang lainnya, yaitu untuk mampu menghasilkan tenaga bagi pembangunan pertanian dan guna mengisi kebutuhan masyarakat akan tenaga pelaksana yang mahir, terampil, mampu berdiri sendiri, dan peka terhadap perubahan ilmu dan teknologi.

    Pendidikan S1 bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kualifikasi sebagai berikut:

    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa dengan integritas intelektual yang tinggi di bidang pertanian.
    2. Berpikiran terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi; dan terhadap permasalahan pertanian yang dihadapi masyarakat.
    3. Menguasai ilmu dasar dan keterampilan teknologi untuk Mampu memecahkan berbagai permasalahan dalam bidang ilmunya.
    4. Selalu mengikuti perkembangan dari ilmu yang ditekuninya.
    5. Mampu menerapkan ilmu yang dipelajarinya di kelas.

    Pengajar

    Dosen Tetap Yayasan

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA